Alkohol bikin gemuk?Mitos atau fakta?

Minuman alkohol tidak hanya digemari oleh orang barat, tetapi juga digemari oleh orang Indonesia. Mulai kalangan remaja hingga orang dewasa mengkonsumsi minuman alkohol karena mudah untuk ditemukan. Siapa yang suka minum minuman yang mengandung alkohol? Tapi ada beberapa orang yang mengatakan bahwa minuman alkohol berlebih dapat menyebabkan seseorang menjadi gemuk? Kira-kira mitos atau fakta yaa?  

Minuman alkohol yang beredar di Indonesia saat ini berbeda-beda jenis, merk, sehingga memiliki kandungan yang berbeda-beda. Umumnya minuman alkohol mengandung etanol, dan bahan psikoaktif yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran. 

Kadar alkohol pada minuman bervariasi dimulai dari yang 1% – 45%, semakin tinggi kadar alkohol, semakin tinggi risiko gangguan kesehatan yang akan menyerang tubuh, sehingga mempengaruhi sistem kerja tubuh yang dapat berdampak pada naiknya berat badan. Berikut beberapa faktor penyebab alkohol dapat menyebabkan kenaikan berat badan sehingga seseorang mengalami kegemukan :

  1. Tinggi kalori

Konsumsi 100 ml minuman alkohol memiliki kalori sekitar kurang lebih 230 kalori. Tidak hanya itu saja yaa, dalam minuman alkohol juga mengandung tinggi gula, dan karbohidrat yang dapat menyebabkan kegemukan.

  1. Menyebabkan rasa lapar

Alkohol dapat membuat seseorang merasa lapar karena dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga memicu keinginan untuk ngemil. Saat ngemil biasanya ingin konsumsi yang manis-manis/yang digoreng seperti gorengan, es krim, atau snack lainnya yang merupakan tinggi kalori.

  1. Mengganggu Metabolisme tubuh

Saat seseorang mengkonsumsi alkohol, maka akan mengganggu fungsi hati. Hati berperan dalam penyaring zat yang masuk ke tubuh dan membantu metabolisme lemak dalam tubuh. Dengan minum banyak alkohol dapat merusak hati dan terjadi perlemakan hati. Perlemakan hati adalah kondisi hati yang menyimpan terlalu banyak lemak, sehingga berkurangnya proses penyerapan nutrisi dari makanan karena hati telah bekerja keras untuk memecah alkohol agar dapat dikeluarkan dari tubuh sehingga dapat mempengaruhi kerja hati sehingga mempersulit untuk menurunkan berat badan.

Jadi sebaiknya konsumsi air putih saja yaa karena berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh, menambah konsentrasi saat bekerja, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, tentunya tidak menambah kalori sehingga aman dikonsumsi, dan tidak membuat tubuh menjadi gemuk.

Untuk mengetahui diet yang tepat untuk mengurangi resiko kegemukan silahkan konsultasi dengan Ahli Gizi yaa.

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Nadea Kusumaayu Anugerah, S.Gz.

Nadea Kusumaayu Anugerah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved