Aman Gak Sih, Turun Berat Badan Cepat?

Penurunan berat badan terlalu cepat biasa disebabkan oleh diet terlalu berlebihan atau pemangkasan kalori terlalu drastis. Very Low Calorie Diet (VLCD) adalah diet dengan mengurangi porsi makan hingga sekitar 800 kalori sehari atau kurang. Diet ini dipertimbangkan untuk orang obesitas yang menderita diabetes, orang yang akan menjalani operasi atau mempersiapkan perawatan kesuburan. Apabila tidak dengan pendampingan dokter spesialis gizi dan ahli gizi, diet seperti ini tidak disarankan untuk diikuti. 

Diet defisit kalori adalah cara menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori yang masuk dalam tubuh. Tetapi tidak boleh terlalu drastis apalagi dilakukan dalam jangka panjang karena akan mempengaruhi stamina anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dampak buruk defisit kalori berlebih adalah lemas, keringat dingin, pusing, hilang konsentrasi, mual, muntah, dan sariawan. Sampai pada gejala yang lebih berat seperti rambut rontok, massa otot berkurang, pola BAB yang berubah, dan masih banyak akibat buruk lainnya.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Saat defisit kalori harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi masing-masing orang serta disesuaikan dengan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, umur, aktivitas, maupun metabolisme tubuh kita masing-masing. Diet gizi seimbang diperlukan agar kebutuhan dan kecukupan gizi juga tetap terpenuhi. Olahraga serta waktu tidur juga memiliki pengaruh besar dalam proses penurunan berat badan. Selain itu, prinsip diet gizi seimbang ini memerlukan waktu dan konsistensi dalam menjalaninya agar target bisa tercapai.

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved