Apa itu Kalori Kosong (Empty Calories Food) ?

Udah akrab belum dengan istilah kalori kosong ? Eits, bukan kayak air mineral gitu atau makanan yang mengandung nol kalori ya!

Empty calories food atau makanan kalori kosong adalah makanan yang dominan dengan gula dan lemak padat atau minyak yang diproses. Kategori makanan ini disebut kalori kosong karena makanan tersebut tidak mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Makanan tersebut mengandung kalori tanpa mengandung vitamin, mineral, tidak mengandung serat dan lemak baik, rendah atau tidak mengandung protein sama sekali dan kelengkapan zat gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tingginya kadar gula dan lemak pada makanan kategori ini yang justru membuat seseorang menjadi semakin mengidam-idamkan makanan tersebut. Beberapa contoh makanan yang termasuk ‘empty calories food’ :

  • Makanan yang berbahan dasar karbohidrat : kue, biscuit, donta
  • Permen
  • Minuman bergula : soda, minuman berenergi
  • Kondimen : kecap dan saus
  • Makanan cepat saji : burger dan pizza

Mungkin yang jadi pertanyaan healthy friends, apakah makanan-makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi sama sekali ? Atau gimana kalau lagi craving

Yuk kita intip hacks-nya! Jadi, makanan tersebut masih boleh dikonsumsi dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut supaya gak ganggu diet kamu :

  1. Makan secukupnya dan usahakan seminimal mungkin, misalnya batasi sekitar <100 kkal dari makanan yang empty calories 
  2. Pilih makanan sejenis yang kandungan gizinya lebih lengkap tapi tetap bisa memenuhi craving atau keinginan kamu mengonsumsi makanan tersebut. Misalnya, suka es krim yang tinggi lemak bisa digantikan dengan konsumsi gelato yang lebih rendah gula atau membuat sendiri menggunakan yogurt tanpa rasa dan ditambah dengan buah-buahan. Ini bisa membantu kamu memenuhi keinginan makan es dan sesuatu yang manis tetapi lebih kaya gizi. 
  3. Pastinya gak lupa untuk mengontrol asupan harian lainnya dengan asupan yang bergizi seimbang.

Nah, kalau dari healthy friends ada tips and tricks lain gak nih ? Yuk sharing pengalaman kamu di kolom komentar!

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved