Apakah Detoks Beneran Sehat ?

Halo, pejuang diet! Kalian pasti udah familiar dong dengan istilah detoks, ya ga sih? Nah, kira kira udah bener belum info tentang detoks yang selama ini dipelajari ? Yuk, kita review lagi!

Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Proses itu terjadi setiap saat dalam tubuh, dan sisa metabolismenya dikeluarkan lewat urin, feses, keringat, dan karbon dioksida lewat pernapasan.

Untuk membantu tubuh kita melakukan proses detoksifikasi, kita bisa mengkonsumsi tambahan bahan makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti sayuran atau buah, dan minum air yang cukup.

Sayangnya, ga sedikit nih orang-orang yang menganggap bahwa selama detoks seseorang hanya mengonsumsi sayur atau buah saja tanpa memenuhi kebutuhan zat gizi lainnya. 

Kan tubuhnya jadi lemas karena kekurangan energi dari sumber karbohidrat, protein, dan lemak. 

Loh kok bisa gitu ? Bukannya makin sehat kalo makan banyak buah dan sayur?

Hm, sini deh kita simak proses yang terjadi dalam tubuh kita saat diet rendah kalori hanya dengan sayur dan buah aja.

Ketika kita menjalani diet dengan kalori sangat rendah, tubuh kita akan berusaha mencari cadangan makanan dalam tubuh. Glikogen di otot dan hati akan dipecahkan untuk mencukupi kebutuhannya. Pecahnya glikogen ini udah pasti dong menyebabkan turunnya berat badan karena glikogen bersifat mengikat air. Jadi, yang menyebabkan berat badan turun itu adalah adanya penurunan cairan dalam tubuh, bukan berat lemak.

Penurunan ini sifatnya semu atau sementara aja. Ketika kita makan seperti kebiasaan  sebelumnya, cadangan glikogen kembali terisi, dan cairan dalam tubuh juga meningkat lagi. Untuk mencukupi kebutuhan protein, tubuh bisa mengambil cadangan protein dari otot kita. Akibatnya, massa otot kita jadi berkurang. Kalau massa otot kita berkurang, metabolisme melambat, badan lebih lambat dalam membakar energi.  Akibat dari peningkatan cairan tubuh dan melambatnya proses metabolisme itu, berat badan jadi naik lagi. Orang-orang yang orientasinya adalah angka pada timbangan udah pasti akan semakin stres karena merasa kembali gemuk. 

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved