Benarkah Terlalu Gemuk atau Terlalu Kurus Bisa Membuat Susah Hamil?

Kesuburan berhubungan erat dengan berat badan. Itulah mengapa, sangat penting bagi Anda untuk bisa mengatur berat badan sejak sebelum menikah. 

Kesuburan diatur oleh berbagai macam hormon, mulai dari pelepasan sel telur, pembuahan, sampai perkembangan janin dalam rahim.

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, hipertensi, dan sebagainya.

Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa hal ini juga dapat menurunkan kesuburan dan kesempatan Anda untuk memiliki bayi yang sehat.

Pada keadaan kelebihan berat badan, kadar lemak tubuh otomatis akan lebih banyak, sehingga hormon estrogen yang dihasilkan meningkat. Akibatnya, menstruasi menjadi tidak teratur.

Kelebihan berat badan juga bisa mengganggu kadar insulin dalam tubuh sehingga mempengaruhi proses pematangan sel telur.

Selain kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga dapat menurunkan kesuburan. Jika dibandingkan dengan wanita dengan status gizi yang normal, wanita yang kekurangan berat badan cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil.

Pada keadaan kekurangan berat badan, kadar lemak dalam tubuh terlalu sedikit, sehingga produksi hormon berkurang dan mengganggu proses pelepasan sel telur.

Jadi, jaga pola makan yang sehat dan olahraga teratur, ya, sebelum merencanakan kehamilan. Konsultasikan ke dokter gizi atau ahli gizi untuk membantu Anda mencapai status gizi yang normal. Semangat! 😀

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Titis Rahfaprilia, S.Gz.

Titis Rahfaprilia, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved