Cara Efektif Meningkatkan Berat Badan

Berbincang mengenai berat badan, ternyata diet itu gak cuma tentang menurunkan berat badan. Ada juga kan healthy friends yang justru pengen meningkatkan berat badan supaya ideal? Tapi, katanya sih susah banget untuk menaikkan berat badan dibandingkan menurunkan berat badan. Hm, valid gak nih? Biasanya keluhannya sih, udah makan banyak, makannya sering, suka ngemil tapi tetap gak gemuk gemuk.

Ternyata orang yang tubuhnya udah kelihatan kurus juga tetep pusing ya mikirin berat badan. Sebetulnya, baik menurunkan maupun meningkatkan berat badan, keduanya sama-sama punya prinsip yang perlu diperhatikan, gak sembarangan asal makan aja. Gak cuma tentang banyak-sedikitnya makanan yang dimakan, lho!

Kecukupan zat gizi dalam makanan, variasi makan, waktu makan, dan aktivitas fisik juga jadi bagian yang sangat perlu diperhatikan bagi healthy friends yang ingin angka timbangannya ‘semakin ke kanan’.

Yap, meningkatkan berat badan itu bukan hanya berusaha mengubah angka pada timbangan. Lebih dari itu, healthy friends perlu memperhatikan zat gizi yang tepat untuk meningkatkan berat badan dengan cara yang sehat.

Berikut tips pemilihan makanan yang tepat :

  1. Memilih sumber karbohidrat kompleks, seperti kentang, umbi-umbian, nasi, dan bihun
  2. Meningkatkan asupan protein dari sumber makanan, seperti daging sapi rendah lemak, dada ayam, ikan, kacang almond, kacang edamame, tempe, dan tahu
  3. Mencukupi kebutuhan serat harian dari 300 gram sayuran dan 2-3 porsi buah-buahan.

Eits, belum selesai nih. Olahraga juga harus menjadi agenda rutin ya untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal. Pilihlah jenis olahraga untuk meningkatkan massa otot, seperti angkat beban, push-up, pull-up, dan squat. Gak perlu langsung diporsir, bertahap saja. Baik menggunakan fasilitas yang ada di rumah maupun di fasilitas olahraga bersama personal trainer, keduanya adalah pilihan yang bijak. Kita dianjurkan untuk berolahraga rutin kira kira 5-7 kali seminggu dengan durasi 30-45 menit per hari. Kuncinya adalah konsisten dan mindful. 

Nah, seru kan kalo menjaga pola hidup sehat dengan cara yang menyenangkan? Ingat, menikmati proses dan mencapai hasil secara perlahan tetapi terus menerus itu lebih utama daripada menuntut hasil instan tetapi tidak berkelanjutan. Yuk, konsultasikan kebutuhan diet dan komposisi tubuh kamu ke ahli gizi terdekat!

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved