Makanan Apa Yang Dapat Membantu Mengatasi Rambut Rontok?

Banyak orang menginginkan rambut yang kuat dan sehat, terutama seiring bertambahnya usia. Namun, seberapa cepat pertumbuhannya dan seberapa sehatnya tergantung pada banyak faktor termasuk usia, kesehatan secara keseluruhan, gen, paparan lingkungan, obat-obatan, serta pola makan.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah beberapa faktor seperti usia dan genetika, salah satu faktor yang mungkin dapat Anda kendalikan adalah pola makan. Vitamin dan mineral dari makanan memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan folikel rambut dan pergantian sel. Mengkonsumsi makanan yang kekurangan nutrisi yang tepat dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Studi menunjukkan kekurangan vitamin B12 dan D, biotin, riboflavin, dan zat besi berhubungan dengan kerontokan rambut. Makan makanan seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika Anda mengalami kerontokan rambut karena kekurangan zat gizi yang buruk.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan antara mikronutrien dan kerontokan rambut, ada baiknya Anda memastikan Anda mendapatkan cukup konsumsi makanan dengan makanan kaya zat gizi yang mendukung pertumbuhan rambut.

Berikut 5 rekomendasi makanan untuk membantu mengurangi rambut rontok:
1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin yang sangat baik, yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Telur juga merupakan sumber seng, selenium, dan nutrisi lain yang menyehatkan rambut. Hal ini menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi untuk kesehatan rambut yang optimal.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, serta vitamin A dan C, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk mendorong metabolisme Anda dan membantu pertumbuhan dan perbaikan sel.

3. Ikan

Ikan yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi  seperti salmon dan makarel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang dapat mendukung pertumbuhan dan kepadatan rambut. Namun, hanya ada beberapa penelitian yang membahas tentang ini, jadi masih diperlukan lebih banyak penelitian. Ikan seperti ini juga merupakan salah satu dari sedikit sumber makanan vitamin D, yang penting untuk pertumbuhan rambut.

4. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E. Vitamin E juga melindungi area kulit, seperti kulit kepala, dari stres oksidatif dan kerusakan. Kulit kepala yang rusak dapat menyebabkan kualitas rambut yang buruk dan folikel rambut yang lebih sedikit.

5. Daging

Daging adalah sumber protein yang sangat baik, yang sangat penting untuk rambut yang sehat dan kuat. Daging merah, khususnya, kaya akan zat besi yang mudah diserap, yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kekurangan zat gizi  yang tepat, termasuk vitamin A, C, D, dan E, seng, vitamin B, zat besi, biotin, protein, dan asam lemak esensial, dapat memperlambat pertumbuhan rambut atau bahkan menyebabkan kerontokan.

Memperbaiki kekurangan salah satu dari zat gizi ini dapat membantu mengatasi kerontokan rambut dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Jika Anda merasa kekurangan salah satu dari zat gizinya, cobalah melengkapi dengan bahan makanan yang sudah disebutkan.

Konsultasikan kembali dengan Ahli Gizi terkait pengaturan makan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved