Mengenal lebih dalam tentang “Konstipasi”

Sebelumnya ada yang sudah pernah dengar tentang Konstipasi belum? Apakah istilah lain dari diare bukan? Jawabannya bukan yaa, simak penjelasan berikut ini…

Konstipasi nama lainnya yang sering dipakai di kalangan masyarakat yaitu sembelit. Konstipasi sendiri adalah gangguan saluran pencernaan dimana penderita mengalami kesulitan untuk BAB / mengeluarkan sisa-sisa pencernaan (feses), akibatnya feses menjadi keras dan ketika mengeluarkannya membutuhkan tenaga yang kuat. 

Rata-rata terjadi konstipasi ketika seseorang tidak buang air besar selama 3 hari atau hanya BAB 3x dalam seminggu. Hal ini tentunya sangat mengganggu karena seseorang dapat mengalami ciri-ciri seperti kram perut, kembung, perut kelihatan menjadi buncit,tidak selera makan, feses terasa keras dan sulit dikeluarkan, dan menimbulkan stress.

Penyebab seseorang bisa mengalami konstipasi beragam, salah satunya yaitu:

  1. Kurangnya asupan serat seperti sayur dan buah 
  2. Kurang melakukan olahraga atau aktifitas fisik seperti jogging, membersihkan rumah, jalan kaki 10rb langkah
  3. Kurangnya minum air putih
  4. Efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi seperti suplemen tinggi zat besi, obat pereda nyeri, dan antidepresan
  5.  Stres juga mempengaruhi metabolisme tubuh, salah satunya jadi sulit BAB

Caranya gimana ya biar tidak mengalami konstipasi? Berikut tips pencegahan agar tidak terjadinya konstipasi dan BAB lancar :

  1. Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah sesuai kebutuhan tubuh. Rata-rata konsumsi sayur per hari sekitar 250-300 gr/hari, sedangkan buah sekitar 150 gr/hari. Contohnya seperti bayam, brokoli, pepaya, pear, chia seeds. Nah kalian bisa coba untuk mencampur air + chia seeds sekitar 1 sdm dalam 1 hari yaa
  2. Konsumsi air putih sesuai kebutuhan, minimal 8 gelas/hari atau 2 liter / hari.
  3. Tidak membiasakan untuk menahan BAB. Disarankan untuk BAB di pagi hari. Tips nya saat pagi hari meskipun tidak ingin BAB, boleh diterapkan dengan cara menunggu sekitar 5 menit duduk di toilet, dilakukan setiap hari agar terbiasa untuk menjadwalkan BAB.
  4. Perbanyak aktivitas fisik dan rutin olahraga terutama olahraga yang menggerakkan otot panggul dan memperkuat otot pencernaan seperti jogging, bersepeda, yoga.
  5. Mengelola stress dengan baik yaitu dengan jaga kesehatan seperti berolahraga secara teratur, menerapkan pola makan gizi seimbang, tenangkan pikiran dan kembangkan hobi, melakukan kegiatan sesuai dengan minat dan kemampuan kita, berpikir hal-hal baik dan menyenangkan, tidur yang cukup, bicarakan perasaan dan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya, dan meningkatkan ibadah sesuai dengan agama masing-masing.
  6. Jika mengalami gejala konstipasi secara berkelanjutan bisa segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga setelah mengikuti tips and trick ini buang air besarnya jadi lancar yaa. Bisa segera konsultasi ke Ahli Gizi terkait pengaturan pola makan yang tepat sehingga terhindari dari konstipasi yaa

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Nadea Kusumaayu Anugerah, S.Gz.

Nadea Kusumaayu Anugerah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved