Snack yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan keadaan tidak hamil. Hal ini disebabkan karena selain untuk ibu, zat gizi dibutuhkan bagi janin. Janin tumbuh dengan mengambil zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu dan dari simpanan zat gizi yang berada di dalam tubuh ibu. 

Saat hamil, akan terasa cepat lapar dan sering ingin mengemil. Snack atau cemilan untuk Ibu hamil juga perlu diperhatikan agar tetap memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien yang baik bagi tubuh ibu dan janin. Kira-kira apa saja ya snack yang baik bagi ibu hamil agar tetap memenuhi kebutuhan? Berikut pilihan snack yang dapat di konsumsi ibu hamil.

  1. Yogurt 

Yogurt kaya akan protein dan kalsium. Yogurt juga mengandung probiotik untuk meningkatkan sistem pencernaan yang sehat. Padukan dengan buah beri segar untuk camilan kaya antioksidan dan bergizi untuk membantu Anda tetap kenyang hingga waktu makan. Anda bisa memilih plain yoghurt dan Anda juga bisa menambahkan rasa manis dari buah potong seperti mangga atau apel.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan baik untuk stok dirumah karena tidak memerlukan banyak persiapan. Tinggi protein, serat dan lemak sehat, kacang-kacangan bisa menjadi camilan yang sempurna. Setiap jenis kacang memiliki manfaat sesuai dengan kandungan gizi jenis kacang tersebut (kacang almond mengandung kalsium, kacang kenari mengandung omega-3, dan kacang tanah mengandung vitamin E), jadi pilihlah yang bervariasi. Selain itu ada edamame, kedelai gurih yang kaya akan kandungan  protein dan serat, serta zat besi, folat dan magnesium. Untuk menambah rasa, hangatkan edamame di dalam microwave dan taburi dengan garam secukupnya dan wijen.

  1. Buah

Buah-buahan selain sebagai sumber vitamin, mineral, serat juga antioksidan terutama buah yang berwarna hitam, ungu, merah. Buah berwarna, baik berwarna kuning, merah, merah jingga, orange, biru, ungu, dan lainnya, pada umumnya banyak mengandung vitamin, khususnya vitamin A, dan antioksidan. Buah-buahan juga banyak mengandung serat dapat melancarkan buang air besar (BAB). Konsumsi buah yang berserat dapat melancarkan buang air besar mengurangi risiko sembelit/konstipasi. 

  1. Smoothie

Konsumsi menu smoothie selama kehamilan dapat memaksimalkan nutrisi dan mengatasi mual di pagi hari. Mulailah dengan yogurt atau susu sebagai bahan dasar untuk campuran smoothie anda agar kebutuhan protein juga dapat terpenuhi. Kemudian tambahkan pisang atau buah beri. Jika Anda menambahkan bayam atau sayuran hijau segar lainnya, Anda akan menambahkan vitamin dan serat ekstra. Pastikan Anda membuat smoothie Anda dengan sumber B6 alami seperti pisang, bayam, dan alpukat.

  1. Snack bar

Snack bar adalah camilan yang mudah dibawa bepergian dan tidak perlu disimpan dalam kulkas. Snack bar dikemas dengan biji-bijian, serat, dan karbohidrat kompleks. Semua snack bar tidak memiliki kandungan yang sama. Pilihlah yang mengandung kurang dari 10 gram gula dan setidaknya 3 gram serat per sajian.

Agar pemenuhan gizi bagi Ibu hamil selalu tercukupi dan sesuai dengan kondisi tubuh, konsultasikan dengan dokter spesialis gizi atau ahli gizi ya! 

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved