Sudah Berpuasa, Tapi Berat Badan Tidak Turun?

Sudah mencoba diet dengan berpuasa atau Intermitten Fasting tetapi berat badan tidak turun? Yuk kita bahas mengenai diet dengan berpuasa atau Intermitten Fasting!

Intermittent fasting adalah pengaturan kebiasaan makan dengan cara berpuasa atau tidak mengkonsumsi makanan apapun dalam beberapa waktu tertentu. Jenis diet ini tidak mengatur terkait makanan apa yang dikonsumsi dan apa yang perlu dihindari, tetapi lebih ke berapa lama Anda boleh makan dan berhenti makan. Waktu yang disarankan bervariasi, biasanya 12  jam berpuasa tapi terkadang bisa juga kurang atau lebih dari itu. Dengan melihat cara diet ini, tidak jauh berbeda dengan berpuasa saat bulan Ramadhan. Apakah saat berpuasa akan langsung otomatis turun berat badannya?

Saat berpuasa tidak membuat Anda langsung turun berat badan. Bisa saja saat berpuasa Anda naik berat badannya. Pengaturan jam makan memang dapat mempengaruhi pola diet Anda, tetapi jika tidak memperhatikan porsi serta olahan yang dipilih, hal tersebut malah akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok  yang diberikan waktu terbatas untuk makan serta diatur kalori yang masuk dengan kelompok yang diatur kalori yang masuk saja. Selain itu, penurunan body weight, body fat, dan faktor risiko metabolik tubuh, time-resrictred atau makan dengan waktu terbatas seperti berpuasa tidak lebih berpengaruh. Utamakan pengaturan kalori, zat gizi makro, dan zat gizi mikro yang masuk ke dalam tubuh saat menurunkan berat badan. Selain itu, penting juga memperhatikan porsi dan olahan yang dikonsumsi.

Konsultasikan dengan dokter spesialis gizi atau ahli gizi untuk pengaturan pola makan sesuai dengan tubuh Anda. 

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2023 The Doctor Diet | All Rights Reserved