Makan “Sayur Palsu” Bisa Bikin Anda Gemuk

Ayo coba ngaku, siapa yang katanya udah makan sayur banyak tapi masih tetap gemuk? Nah, coba deh kita cek kira-kira sayurannya udah beneran sayur atau belum. 

Sayuran memang berasal dari tumbuhan. Tetapi, tidak semua tumbuhan itu  termasuk golongan sayuran lho. Ada beberapa hasil dari tumbuhan yang tidak disadari memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, yakni kentang, singkong, ubi, talas, jagung, sukun, bit, dan kacang-kacangan. 

Sebenarnya, karbohidrat yang terkandung di dalam sayuran itu adalah karbohidrat kompleks. Namun, jika jumlahnya berlebihan tetap terhitung sebagai tambahan kalori yang besar. Tumbuhan yang sering diduga sayuran padahal bukan adalah kentang, ubi, jagung, dan sukun. Jadi, memang kita harus pintar memilah dan memilih makanan mana yang tergolong sayuran dengan karbohidrat yang rendah tetapi tinggi serat. 

Biasanya, yang suka dijadikan lauk nasi adalah sambel kentang, sayur asem jagung, atau sayur sukun. Padahal, jika ditambah dengan nasi, ini justru menambah asupan karbohidrat dalam makanan kita. Jangan lupa juga bahwa golongan kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang hijau, tahu, dan tempe merupakan sumber protein nabati yang juga memiliki kandungan karbohidrat cukup besar sehingga bukan termasuk golongan sayuran. Belum lagi jika olahannya ditambah dengan santan, kecap, dan gula.

Jadi, healthy friends perlu teliti ya memilih yang mana golongan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi utama dan mana yang sayuran serta protein.

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved