Rematik sama dengan asam urat?

Beberapa waktu belakangan ini healthy friends sering merasa nyeri di lutut, pergelangan tangan, atau bagian sendi tertentu ? Kira-kira ini rematik atau asam urat ya ? Yuk kita kulik satu per satu!

Rematik atau rheumatoid arthritis disebut juga inflamasi sistemik pada jaringan sinovial yang sering menyerang sendi yang memicu kerusakan tulang, kartilago, dan jaringan lunak, makanya bikin nyeri. Ada juga kondisi penyakit yang gejalanya mirip dengan rematik, yaitu gout arthritis.  Ini disebabkan oleh kelebihan asam urat pada aliran darah. Penumpukan kristal asam urat pada cairan sinovial ini biasa terjadi pada sendi di jari-jari.

Meskipun begitu, kondisi keduanya ini tidak sama ya. Rematik ini termasuk golongan autoimun yang artinya sistem imun justru menyerang sendi dengan tidak seharusnya. Rematik umumnya berkaitan dengan status gizi obesitas, riwayat genetik, kebiasaan merokok atau berada di linkgungan yang penuh polusi.

Sedangkan gout arthritis atau hiperurisemia atau healthy friends lebih akrab dengan istilah ‘asam urat’ merupakan kondisi penyakit yang disebabkan karena diet atau konsumsi makanan yang tinggi purin, kegemukan atau obesitas, dan juga faktor keturunan.

Eits, jangan khawatir, selain melalui pengobatan secara medis, healthy friends yang didiagnosa mengalami rematik dapat memperhatikan asupan berikut ini :

  1. Meningkatkan asupan makanan yang tinggi asam lemak tidak jenuh seperti alpukat, kacang-kacangan, dan ikan
  2. Konsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi dan antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah
  3. Membatasi asupan makanan tinggi natrium seperti mengontrol penggunaan garam dan makanan kemasan

Sedangkan healthy friends yang asam uratnya tinggi, fokus untuk memilih asupan makanan dengan rendah purin, seperti singkong, jagung, ubi, wortel, terong, dan labu siam.Sekarang udah gak bingung lagi kan?

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved