Tidak Sarapan Pagi Malah Bikin Gemuk

Halo, pejuang diet! Kalian udah yakin kalo cara pola diet yang kalian terapkan selama ini udah bener? Udah rutin atur jam makan pagi belum?

Kalo belum, sini deh disimak lagi. Yup, tidak sarapan pagi malah bikin gemuk itu ternyata adalah fakta! Sudah sangat banyak penelitian yang mempelajari tentang itu.

Melewatkan sarapan akan mengubah pengaturan hormon dan metabolisme dalam tubuh kita.

Nafsu makan bisa bertambah, merasa cepat lapar, dan susah merasa untuk kenyang.

Selain itu,  hormon insulin yang tugasnya untuk mengatur kadar gula darah juga bisa terganggu.

Kadar gula darah ga hanya penting bagi penderita diabetes aja, ya.

Dalam program penurunan berat badan, gula darah juga berpengaruh lho, healthy friends.

Apabila kita tidak sarapan, tubuh kita akan lebih sulit untuk memanfaatkan glukosa yang masuk ke dalam darah yang nantinya akan berefek pada pengaturan rasa kenyang. 

Loh, kok bisa? Bukannya makin dikit makan dalam sehari makin cepat kurus, ya?

Ketika kita makan karbohidrat kompleks akan  dicerna menjadi glukosa. Lalu, insulin akan memasukkan glukosa ke dalam sel-sel di tubuh kita. Jadi, glukosa itu adalah makanannya sel tubuh.

Nah, ketika glukosa masuk ke dalam sel, sel akan mengirim sinyal kenyang ke otak kita.

Jadi kalau pengaturann insulin dan gula dalam tubuh kita bagus, pengaturan rasa lapar dan kenyang pun akan optimal.

Tetapi sebaliknya, kalau pengaturan insulin dan gulanya tidak bagus, kita sudah makan banyak pun, tubuh tidak merasa kenyang, malah ingin makan terus alias kalap.

Kepekaan sel terhadap insulin jadi ikut terganggu akibat pola makan yang tidak teratur tadi.

Jadi sel kita tidak peka terhadap insulin.

Selain itu, penelitian menunjukkan orang yang rutin sarapan, cenderung lebih aktif dibandingkan yang tidak sarapan, sehingga pembakaran kalori yang terjadi akan lebih besar.

Ada lagi nih penelitian pada tahun 2022 menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan sarapan cenderung merasa lelah di waktu sore, meningkatkan risiko penyakit kronik, dan peningkatkan indeks massa tubuh yang lebih tinggi atau cepat gemuk.

Nah, gitu lho, healthy friends penjelasannya. Mulai sekarang, mulai membiasakan diri untuk sarapan dengan gizi seimbang, ya!

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved