Yakin Diet Golongan Darah Terbukti Efektif ?

Siapa nih yang pernah jadi tim diet sesuai golongan darah ? Kalian tim makan apa aja kalo menyesuaikan golongan darah?

Antara golongan darah A, B, AB, dan O itu sebetulnya perbedaannya gak signfikan banget sih menunya :

  1. Golongan Darah O : dianjurkan konsumsi makanan tinggi protein yang berasal dari daging seperti daging merah, seafood, ayam dan ikan serta dilengkapi dengan sayuran dan buah. Yang perlu dibatasi adalah kacang- kacangan dan biji-bijian. Pantangan pada orang dengan golongan darah O yang ingin menurunkan berat badan adalah tepung dan produk susu
  2. Golongan Darah A : dianjurkan konsumsi sayuran, buah-buahan, tahu, seafood dan ayam dengan pantangannya adalah daging merah. Tapi , untuk yang ingin menurunkan berat badan, produk susu, tepung-tepungan dan kacang merah adalah hal yang perlu dihindari
  3. Golongan Darah B : dianjurkan untuk konsumsi makanan yang variatif termasuk daging, seafood, biji-bijian, buah dan produk susu. Tapi, pantangannya pada orang yang ingin menurunkan berat badan adalah ayam, tepung, dan kacang.
  4. Golongan Darah AB : pilihan makanan yang dianjurkan adalah tahu, daging domba, ikan, biji-bijian, sayur dan buah. Tapi, ayam, kacang merah, dan sorgum menjadi pantangan 

Tapi, buat tim yang cuma ikut-ikutan diet golongan darah, coba deh kita ungkap apa bener diet golongan darah ini efektif buat yang mau menurunkan berat badan atau terhadap indikator metabolik lain dalam tubuh?

Ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa tidak ada hubungannya antara golongan darah dan kualitas dietnya dengan faktor terkait penyakit metabolik. Sebenernya sama aja konsepnya dengan pola diet yang umum dianjurkan oleh para tenaga atau lembaga kesehatan lain. Contoh aja nih,orang dengan golongan darah A itu gula darah dan insulin nya bagus, ya alasannya karena makanan nya tinggi sayuran dan buah serta membatasi jumlah konsumsi daging merah. Sama halnya dengan healthy friends saat konsultasi dengan ahli gizi dan dianjurkan untuk konsumsi gizi seimbang kan ? Gitu sih, friends hasil dari penelitian pertama tentang diet golongan darah.

Ternyata gak sampe situ aja, pada tahun 2020, hasil penelitian lain menyebutkan kalo gaada hasil signifikan dari diet golongan darah itu terhadap profil lipid pada seluruh responden penelitian. Penurunan berat badan dan massa lemak pada orang dengan golongan darah tertentu juga gak jauh berbeda hasilnya dengan orang yang memiliki golongan darah yang berbeda pada perlakuan diet yang sama. Jadi, kalo yang golongan darah A turun 5,7 kg, yang golongan darahnya gak A bisa turun 7 kg dengan pola makan yang sama loh. Bahkan, penurunan kolesterol pada orang yang diet sesuai golongan darahnya juga menghasilkan penurunan yang mirip dengan orang yang diet tanpa menyesuaikan golongan darah.

Jadi, pesannya adalah menjaga kualitas diet dengan asupan gizi seimbang dan memperbanyak asupan buah , sayuran dan biji-bijian yang mengandung serat dalam pola makan kita itu jauh lebih penting, ya!

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Ulfa Dzakiyyah Al-istiqomah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved