Apa itu Carnivore Diet??

Carnivore diet adalah pola makan yang hanya mengkonsumsi daging, ikan, ayam, dan produk hewani lainnya seperti susu, keju, mentega, madu. Carnivore diet tidak mengkonsumsi jenis makanan yang lain seperti nasi, kentang, ubi, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Tetapi ada sebagian kelompok yang menjalani Carnivore Diet secara ketat sehingga tidak mengkonsumsi susu, keju, madu, dan olahan dari hewan lainnya karena mereka bukan termasuk kelompok daging merah. 

Dengan mengkonsumsi produk hewani dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan yang baik, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, membantu mempercepat pemulihan perbaikan sel otot setelah melakukan latihan fisik, serta dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Tetapi ada hal yang perlu diingat nih Healthy Friends, bahwa tubuh tidak hanya membutuhkan protein hewani saja, tetapi juga membutuhkan komponen makanan lain seperti karbohidrat, protein nabati dan serat seperti sayur dan buah.

Pola makan dengan carnivora diet jika berangsur lama dapat meningkatkan risiko penyakit seperti kolesterol, jantung, diabetes, radang sendi, obesitas dan dislipidemia karena tinggi natrium, tinggi lemak jenuh dan kolesterol LDL dalam tubuh. Hal ini juga terjadi karena menghilangkan kelompok makanan lain yang kaya nutrisi penting contohnya yaitu dengan tidak mengkonsumsi protein nabati, padahal berfungsi untuk menurunkan rendah kolesterol, lemak jenuh, mengurangi kadar gula dalam darah dan meningkatkan fungsi hormon insulin dalam menjaga keseimbangan gula darah. 

Contoh lainnya yaitu dengan tidak mengkonsumsi sayur dan buah maka akan terjadi kekurangan serat, sehingga yang menjalankan carnivore diet akan mengalami konstipasi atau sembelit (sulit Buang Air Besar). Serat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus dan memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar sehingga membuat Buang Air Besar lancar atau teratur. 

Karbohidrat juga merupakan hal penting untuk tubuh karena ketika dicerna tubuh diolah menjadi glukosa dan glukosa diubah menjadi energi utama untuk tubuh. Glukosa juga berperan penting untuk memaksimalkan fungsi otak, dan juga dapat membantu mengendalikan berat badan. Karbohidrat kompleks membuat merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama karena tubuh memecah gula secara perlahan sehingga dapat mengendalikan berat badan. Contoh dari karbohidrat kompleks adalah roti gandum, nasi merah, kentang, ubi, jagung. Bagi yang menjalankan carnivore diet memang berat badannya cenderung turun tetapi tidak akan berangsur lama dan berat badannya akan mengalami kenaikan secara signifikan apalagi jika mengkonsumsi yang tinggi lemak seperti jeroan, kikil, sumsum tulang, lalu juga akan terasa lemas saat melakukan olahraga dan juga sulit konsentrasi

Maka dari itu sebaiknya jika ingin diet tetap dengan pola gizi seimbang yaa yaitu terdapat karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur dan buah karena selain sehat, makanan yang dikonsumsi bervariasi dari segi makanan, rasa, dan penampilannya pun menarik karena memiliki banyak warna dalam 1 piring sehingga membuat Healthy Friends bersemangat untuk mengkonsumsinya. Eits, jangan lupa tetap memperhatikan gramasi atau porsi dari masing masing condiment makanan dan jangan sampai berlebihan atau pun kekurangan, kalian bisa konsultasikan dengan ahli gizi untuk pola diet yang tepat untuk tujuan kesehatan dan kebugaran Anda yaa.

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Nadea Kusumaayu Anugerah, S.Gz.

Nadea Kusumaayu Anugerah, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved