Apakah Air Kelapa Bermanfaat Bagi Tubuh Kita?

Air kelapa merupakan minuman menyegarkan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Air kelapa, juga dikenal sebagai sari kelapa, adalah cairan bening, atau semi-bening, di dalam kelapa muda. Air kelapa alami memiliki rasa yang sedikit manis dengan rasa kacang yang halus. Air kelapa juga cukup rendah kalori dan karbohidrat. 

Sebagian besar manfaat kesehatan dari air kelapa disebabkan oleh kadar elektrolitnya yang tinggi, yang meliputi kalium, kalsium, dan magnesium. Bagi mereka yang kekurangan mineral-mineral penting ini, air kelapa dapat menjadi pilihan yang sehat. Bagi orang lain, minum air kelapa mungkin tidak lebih bermanfaat daripada minum segelas air putih. 

Minum air kelapa dapat menjadi bagian dari diet sehat karena membantu Anda tetap terhidrasi dan rendah kalori serta rendah lemak dan kolesterol. Menurut USDA, per 100 ml air kelapa mengandung 19 kkal, 0,7 gram Protein, 0,2 gram lemak, dan 3,7 gram karbohidrat.
Satu sampel yang dianalisis oleh USDA mengandung 6 miligram magnesium dalam 100 mililiter air kelapa. Magnesium memiliki banyak fungsi dalam tubuh, termasuk membuat protein, mengatur kadar gula darah dan tekanan darah, serta mengelola fungsi otot dan saraf. Sumber magnesium tersebut yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan mengurangi pembentukan kristal dan batu.

Kalium adalah mineral dan elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh manusia untuk fungsi otot. Selain itu, kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal. Hal tersebut, dapat juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Namun, semua manfaat dari air kelapa ini, harus diimbangi dengan pola makan sehat agar hasilnya maksimal. Konsultasikan dengan dokter spesialis gizi atau ahli gizi terkait pola makan sehat sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved