Apakah Masih Dapat Berolahraga Saat Menstruasi?

Saat Anda sedang menstruasi, pasti Anda pernah mengalami hari-hari di mana siklus menstruasi mempengaruhi jadwal olahraga atau pernah bertanya tanya tentang bagaimana dan kapan waktu yang tepat harus berolahraga selama menstruasi.

Selama fase ini, rahim Anda meluruhkan lapisan yang telah terbentuk sepanjang bulan. Hari pertama menstruasi dianggap sebagai hari pertama siklus, dan fase ini biasanya berlangsung antara tiga hingga tujuh hari. Saat pada awal siklus menstruasi, kadar progesteron dan estrogen akan berada pada titik terendah, yang bersamaan dengan hilangnya darah dapat menyebabkan Anda merasa lebih lelah dari biasanya. Seiring dengan berlalunya waktu, kadar hormon ini akan meningkat secara bertahap.

Jika Anda mengalami kelelahan pada hari-hari awal menstruasi, Anda mungkin tidak ingin melakukan olahraga yang terlalu berat. Anda mungkin ingin menjadwal ulang olahraga Anda atau melakukan beberapa gerakan ringan sebagai gantinya. Namun, jika Anda merasa ingin berolahraga, tidak ada alasan medis untuk menghindari olahraga saat sedang menstruasi. Sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda dan lakukan apa yang terasa tepat untuk Anda dalam setiap siklus.

Meskipun Anda tetap harus berolahraga secara teratur, tidak ada data yang membuktikan bahwa berolahraga saat sedang menstruasi dapat membakar lebih banyak kalori. Berolahraga saat sedang menstruasi dapat menjadi cara yang efektif untuk meminimalkan gejala umum seperti kram, kembung, dan suasana hati yang buruk.

Anda dapat melakukan semua jenis olahraga saat sedang mestruasi, mulai dari olahraga dengan intensitas rendah seperti jalan kaki dan yoga, lalu meningkat intesitasnya seperti joging. Namun, penting untuk menyesuaikan dengan kondisi yang dirasakan dan memodifikasi jenis olahraganya sesuai dengan mood yang dirasakan saat itu.

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved