Craving makanan saat menstruasi?

Apakah mengidam makanan saat haid adalah hal yang normal? Mengapa Anda mengidam makanan tertentu saat haid? Tubuh Anda menginginkan makanan tertentu karena alasan biologis dan psikologis, dan terkadang bahkan karena kita melihat makanan yang ada di social media. 

Bagi sebagian wanita, mengidam makanan saat haid dapat dimulai sejak 7 hingga 14 hari sebelum haid benar-benar dimulai. Bagian dari siklus ini, yang dikenal sebagai fase luteal, adalah saat kadar hormon estrogen dan progesteron mulai berubah, menyebabkan banyak efek samping yang merupakan bagian dari PMS (sindrom pramenstruasi). Namun, Anda mungkin juga akan mengidam di kemudian hari. Paruh kedua dari siklus menstruasi wanita didominasi oleh progesteron, dan progesteron memiliki efek meningkatkan nafsu makan.
Berikut beberapa tips yang dapat diikuti untuk menghadapi masalah mengidam makanan dengan kalori tinggi: 

  1. Utamakan konsumsi  karbohidrat kompleks (seperti tepung gandum, biji-bijian, beras merah, kacang-kacangan) dan protein rendah lemak agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.
  2. Kurangi karbohidrat olahan, lemak, garam, dan gula. Makan dalam jumlah sedikit saja sudah membuat Anda ingin makan lebih banyak dan sering kali berujung pada makan berlebihan. Jadi, makan tetap sesuai dengan porsi dan jam makannya.
  3. Makanlah lebih banyak sayuran hijau dan protein yang mengandung triptofan (seperti telur, tahu, keju, dsb) untuk meningkatkan asupan kalsium dan menyeimbangkan kadar serotonin Anda. Konsultasikan kembali dengan dokter Anda tentang kebutuhan suplemen Anda.

Konsultasikan kembali dengan Ahli Gizi terkait pengaturan makan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2023 The Doctor Diet | All Rights Reserved