Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Kalsium bukan hanya mineral yang paling banyak terdapat di dalam tubuh, tetapi juga sangat penting bagi kesehatan. Untuk membantu menjaga kadar kalsium pada tingkat yang baik, kita dapat mengonsumsi produk susu, serta sejumlah makanan lainnya. Makanan tinggi kalsium membentuk sebagian besar tulang dan gigi serta berperan dalam kesehatan jantung, fungsi otot, dan sinyal saraf.

Untuk kebanyakan orang dewasa, dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari, meskipun beberapa kelompok tertentu membutuhkan jumlah yang lebih tinggi, termasuk remaja, wanita pascamenopause, dan orang dewasa yang lebih tua. Jika Anda menderita intoleransi laktosa atau memiliki alergi terhadap susu sapi dan prosuk susu lainnya, Anda pasti tahu bahwa mendapatkan cukup kalsium ke dalam makanan Anda setiap hari bisa jadi cukup sulit. Meskipun produk susu seperti susu, keju, dan yogurt mengandung kalsium yang tinggi, banyak sumber kalsium bebas susu yang tersedia. Berikut sumber kasium bebas susu yang mudah didapat:

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat, protein, dan mikronutrien yang tinggi, termasuk zat besi, seng, folat, magnesium, dan kalium. Contohnya seperti kacang kedelai, tahu, tempe, edamame.

  1. Sayuran

Kangkung, bayam, dan sawi, dan okra yang dimasak adalah sumber kalsium yang baik. Sayuran hijau memiliki juga mengandung 335 mikrogram vitamin A, nutrisi yang membantu menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

  1. Ikan Presto

Ikan presto yang kita makan dengan tulangnya adalah salah satu sumber kalsium selain susu dan keju. Ikan presto juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi, retinol, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan karoten. Kandungan ini baik untuk kesehatan mata, kekebalan tubuh, tulang dan gigi.

Perlu diingat kembali, diet yang seimbang dan sehat akan membantu kita mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkan. Apabila membutuhkan bantuan mengenai pola hidup sehat dalam mencukupi zat gizi sehari-hari, silahkan konsultasi dengan dokter spesialis gizi atau ahli gizi ya!

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved