Turun Berat Badan dengan Mindful Eating?

Turun Berat Badan dengan Mindful Eating?

Apakah saat makan Anda biasa sambil menonton TV atau Youtube? Atau makan sambil bekerja? Sering kali kita tidak fokus terhadap makanan yang kita konsumsi, sambil melakukan kegiatan lain dan tidak fokus dengan apa yang kita konsumsi. Hal tersebut dapat mengganggu pola makan Anda. Dengan menerapkan mindful eating, akan membantu Anda pada pola makan sehat. 

Apa sih yang dimaksud dengan Mindful Eating?

Mindful eating adalah menggunakan semua indera fisik dan emosional untuk merasakan dan menikmati pilihan makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi. Makan dengan penuh kesadaran dengan metode mindful eating melibatkan perhatian yang lebih besar pada makanan dan bagaimana Anda merasakan makanan tersebut. Selain membantu Anda belajar membedakan antara rasa lapar yang asli atau hanya keinginan semata, mindful eating juga dapat membantu mengurangi perilaku makan yang tidak teratur dan mendukung penurunan berat badan.

Selain itu, ketika makan sambil melakukan suatu kegiatan lain, berarti mengalihkan perhatian dari kegiatan makan yang sebenarnya. Bisa saja kita makan terlalu cepat karena tidak fokus terhadap makanannya. Hal ini dapat menjadi masalah karena otak membutuhkan waktu untuk menyadari bahwa Anda sudah kenyang.

Jika Anda makan terlalu cepat, sinyal kenyang mungkin tidak akan sampai sampai dan membuat Anda makan lebih banyak. Hal ini sangat umum terjadi pada binge eating disorder. Makan dengan penuh perhatian, mengembalikan perhatian Anda dan memperlambatnya saat proses makan, menjadikan makan sebagai tindakan yang disengaja, bukan tindakan otomatis. 

Sebagian besar penelitian setuju bahwa mindful eating membantu menurunkan berat badan dengan mengubah perilaku makan dan mengurangi stres. Dengan mengubah cara Anda berpikir tentang makanan, perasaan negatif yang mungkin terkait dengan makan akan tergantikan dengan kesadaran, kontrol diri yang lebih baik, dan emosi yang positif. Ketika perilaku makan yang tidak diinginkan diatasi, peluang Anda untuk sukses menurunkan berat badan dalam jangka panjang akan meningkat.

Konsultasikan dengan dokter spesialis gizi atau ahli gizi untuk pengaturan pola makan sesuai dengan tubuh Anda. 

Kalau konten ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada orang-orang yang Anda sayangi ♡
WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Ervina Ayu Wandira, S.Gz.

Konsultasi Sekarang

Kategori

Populer

Konsultasi

Tes Resiko Penyakit

TikTok Feeds

Copyright © 2024 The Doctor Diet | All Rights Reserved